Bidang Aplikasi Mekanika Fluida


Mekanika fluida banyak digunakan baik dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam desain sistem teknik modern dari penyedot debu hingga pesawat supersonik.

Pertama-tama, mekanika fluida memainkan peranan penting dalam tubuh manusia. Jantung secara konstan memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia melalui arteri dan vena, dan paru-paru merupakan tempat aliran udara dalam arah yang bergantian. Boleh dibilang, semua jantung buatan, mesin pernapasan, dan sistem dialisis dirancang menggunakan dinamika fluida.

Rumah pada umumnya, dalam beberapa hal, adalah ruang pameran yang dipenuhi dengan aplikasi mekanika fluida. Sistem perpipaan untuk air dingin, gas alam, dan limbah rumah tangga serta seluruh kota dirancang terutama atas dasar mekanika fluida. Hal yang sama juga berlaku untuk jaringan perpipaan dan saluran sistem pemanas dan pendingin udara. Kulkas melibatkan tabung tempat dimana refrigeran mengalir, kompresor yang memberi tekanan pada refrigeran, dan dua penukar panas tempat refrigeran menyerap dan melepas panas (baca: kondensor dan evaporator). Mekanika fluida memainkan peran utama dalam desain semua komponen tersebut diatas. Bahkan pengoperasian faucet biasa didasarkan pada mekanika fluida.

applications fluid mechanisms

Kita juga bisa melihat banyak penerapan mekanika fluida di dalam mobil. Semua komponen yang terkait dengan pengangkutan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke silinder saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, injektor bahan bakar, atau karburator, serta pencampuran bahan bakar dan udara di dalam silinder dan pembersihan gas pembakaran di pipa knalpot, dianalisis menggunakan mekanika fluida.

Mekanika fluida juga digunakan dalam desain sistem pemanas dan pendingin udara, rem hidrolik, power steering, transmisi otomatis, dan sistem pelumasan, sistem pendingin blok mesin termasuk radiator, pompa air, dan bahkan ban. Bentuk ramping dari model mobil terbaru adalah hasil dari upaya untuk meminimalkan hambatan udara dengan menggunakan analisis ekstensif aliran di atas permukaan.

Dalam skala yang lebih luas, mekanika fluida memainkan peran utama dalam desain dan analisis pesawat terbang, kapal, kapal selam, roket, mesin jet, turbin angin, perangkat biomedis, pendinginan komponen elektronik, dan transportasi air, minyak mentah, dan gas alam. Juga dipertimbangkan dalam desain bangunan, jembatan, dan bahkan papan reklame untuk memastikan bahwa struktur tersebut dapat menahan beban angin. Berbagai fenomena alam seperti siklus hujan, pola cuaca, naiknya air tanah ke pohon (melalui mekanisme pipa kapiler pada akar), angin, gelombang laut, dan arus di badan air besar juga diatur oleh prinsip mekanika fluida.

Betapa, ilmu mekanika fluida yang kita pelajari selama ini memiliki peran dan andil yang cukup besar dalam kehidupan kita sehari-sehari, baik yang sangat dekat dengan kita dan tanpa kita sadari, juga yang jauh dari kita namun kita pernah merasakan manfaatnya baik sedikit maupun banyak, baik langsung maupun tidak langsung.

Referensi: https://me-mechanicalengineering.com/application-areas-of-fluid-mechanics/

Leave a comment