Apa Pompa Jantung Mekanis Itu?


Pompa jantung mekanis
Saat ini ada lebih dari 5 juta orang Amerika menderita gagal jantung atau seperti yang sering disebut gagal jantung kongestif. Ini adalah penyakit progresif yang mengurangi darah beroksigen mencapai organ tubuh. Pengembangan pompa jantung mekanis telah terbukti menjadi alat yang ampuh dalam menyembuhkan atau setidaknya untuk sementara menyelesaikan masalah ini. Pompa jantung mekanis atau jantung buatan adalah alat yang sementara menggantikan jantung ketika transplantasi jantung tidak memungkinkan atau untuk penggantian jantung permanen. Jantung buatan pertama yang berhasil ditransplantasikan dalam tubuh manusia bernama Jarvik-7. Ini dikembangkan pada tahun 1982 oleh tim termasuk Willem Johan Kolff dan Robert Jarvik. Pompa jantung buatan sama seperti pompa mekanis yang menghasilkan fenomena pemompaan untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Pro dan Kontra pompa jantung

Meskipun pompa jantung mekanis memiliki banyak kelebihan, pompa jantung juga memiliki beberapa kekurangan. Di bawah ini secara singkat menjelaskan beberapa pro dan kontra dari pompa jantung mekanis.

Pro

Menggunakan jantung buatan memiliki keuntungan sebagai berikut:

  1. Pompa jantung buatan memberikan pasien dengan kehidupan normal seperti sebelum transplantasi jantung dan memberi harapan kepada pasien untuk terus hidup sampai jantung donor dapat ditemukan.
  2. Pencocokan jaringan adalah prosedur yang menentukan jenis antigen histokompatibilitas pada sel atau jaringan seseorang. Ini adalah tahap yang sangat penting dan prosedur awal yang dilakukan sebelum transplantasi apa pun. Namun, dalam kasus jantung buatan, tidak perlu mencocokkan jaringan.
  3. Jantung tiruan (buatan) terbuat dari plastik atau logam sehingga sistem kekebalan tubuh tidak menolaknya. Jadi, tidak perlu menggunakan obat imunosupresif.
  4. Jantung buatan membantu pemulihan organ vital, meningkatkan tekanan darah, dan stabilitas hemodinamik seperti halnya dalam persiapan transplantasi. Pasien dapat pulang dengan jantung buatan sepenuhnya dan dapat menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Kontra

Kerugian atau Kekurangan
Di samping ada banyak keuntungan dalam menggunakan jantung buatan akan tetapi juga memiliki beberapa kerugian atau kekurangan beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

  1. Dalam menanam jantung buatan, selalu ada kemungkinan bahwa operasi dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi bagi pasien.
  2. Jantung buatan tidak dapat bekerja dengan efisien atau sehat seperti yang bisa dilakukan oleh jantung alami; selain itu, ada juga kemungkinan motor listrik bisa gagal.
  3. Karena darah tidak dapat mengalir dengan lancar melalui jantung buatan, maka hal itu dapat menyebabkan pembekuan darah dan menyebabkan stroke.
  4. Pasien yang menggunakan pompa jantung mekanis harus minum obat untuk mengencerkan darahnya, dan hal ini dapat menyebabkan perdarahan jika mereka terluka dalam suatu kecelakaan.


Contoh pompa jantung buatan

Di bawah ini adalah beberapa pompa jantung mekanis yang dibuat oleh peralatan teknologi baru untuk perawatan gagal jantung kongestif.

SynCardia
SynCardia adalah jantung buatan yang dimulai pada tahun 1993 dan selesai pada tahun 2002. Ia memiliki dua model 70cc dan 50cc. Gagal jantung biventrikular pada pria dewasa diobati dengan model 70cc dan pada anak-anak dan wanita diobati dengan model 50cc.

SynCardia artificial heart

Gambar 1. Jantung buatan SynCardia

Jantung biofrostetik carmat

Jantung biofrostetik Carmat dikembangkan pada Oktober 2008 oleh spesialis transplantasi jantung Alain F. Carpentier. Perangkat ini memiliki sirkuit elektronik yang terdiri dari sensor. Itu dibuat dari jaringan hewan yang diperlakukan secara kimia yang disebut “biomaterial”.

Carmat bioprosthetic heart

Gambar 2. Jantung biofrostetik carmat

Frazier-Cohn
O.H Frazier dan William Cohn adalah dewan perusahaan BiVACOR yang menghasilkan jantung buatan yang ditanamkan pada Craig Lewis yang berusia 55 tahun di The Texas Heart Institute di Houston. Perangkat ini terdiri dari kombinasi dua pompa Heartmate II yang dimodifikasi.

BiVACOR artificial heart

Gambar 3. Frazier-Cohn

Referensi: https://www.meee-services.com/what-are-mechanical-heart-pump-and-how-successful-they-are/

By Taufiqur Rokhman Posted in Home

Leave a comment