8 Proses Dasar Termodinamika


Keadaan sistem termodinamika dapat diubah dengan berinteraksi terhadap sekitarnya melalui kerja dan panas. Ketika perubahan ini terjadi dalam suatu sistem, dikatakan bahwa sistem sedang mengalami proses.

Siklus termodinamika adalah urutan proses yang berbeda yang dimulai dan berakhir pada keadaan termodinamika yang sama.

Ke delapan proses tersebut adalah:

  1. Isothermal: temperature konstan, T=C
  2. Isobaric: tekanan konstan, P=C
  3. Isokhoric, Volume konstan, V=C
  4. Adiabatic: tidak ada perpindahan kalor, Q=0
  5. Reversible (mampu balik)
  6. Irreversible (tak mampu balik)
  7. Quasistatic

thermodynamics Processes all pv diagram

Gambar 1. Proses Termodinamika Untuk Semua diagram PV

  1. Proses isotermal terjadi pada suhu konstan. Karena energi internal gas hanya fungsi dari suhunya saja, maka ΔU = 0 untuk proses isotermal. Untuk ekspansi isotermal gas ideal, kita memiliki W = nRT ln (V2 / V1). W positif jika V2> V1. Karena ΔU = 0, panas yang ditransfer ke gas adalah ΔQ = W.
  2. Proses isobarik adalah proses yang terjadi pada tekanan konstan. Kita memiliki W = P (V2 – V1). Jika tekanan gas ideal dijaga konstan, maka suhunya harus meningkat ketika gas mengembang. (PV / T = konstan.) Panas harus ditambahkan selama proses ekspansi.
    Kita mendefinisikan entalpi H sistem dengan persamaan H = U + PV. Entalpi merupakan properti fisik sistem. Entalpi memiliki dimensi energi dan satuan SI entalpi adalah Joule.
    Untuk proses isobarik kita menulis

    ΔU = ΔQ – ΔW = ΔQ – P (V2 – V1)

    atau, mengatur ulang istilah, ΔH = ΔQ. Ungkapan ini, sering digunakan dalam kimia, dapat dianggap sebagai bentuk isobarik dari hukum pertama . ΔH = ΔQ hanya berlaku untuk proses isobarik. Reaksi kimia (termasuk yang biologis) sering terjadi pada tekanan konstan, dan kemudian ΔQ sama dengan perubahan dalam sifat fisik sistem.

  3. Proses adiabatik adalah proses di mana tidak ada panas yang masuk atau meninggalkan sistem. Kita kemudian memiliki ΔU = -ΔW, misal, ΔW sama dengan perubahan dalam properti fisik sistem. Properti fisik sistem hanya bergantung pada kondisi sistem (P, V, T), bukan pada cara sistem dimasukkan ke dalam kondisi ini.
  4. Dalam praktiknya ada dua cara berbeda untuk mencegah perpindahan panas.

    (a) Berikan isolasi termal sistem yang sangat baik.
    (b) Selesaikan proses dalam interval waktu yang sangat singkat, sehingga tidak ada waktu untuk perpindahan panas yang cukup besar. Proses pembakaran di dalam mesin mobil pada dasarnya adiabatik untuk alasan ini.

  5. Proses isovolumetrik atau isometrik atau isokhorik berlangsung pada volume konstan. Maka, W = 0 dan ΔU = ΔQ. Semua panas yang ditambahkan ke sistem meningkatkan energi internalnya.
  6. Proses reversibel: Proses di mana sistem dan sekitarnya dapat dikembalikan ke keadaan awal dari keadaan akhir tanpa menghasilkan perubahan apa pun dalam sifat termodinamika alam semesta.
  7. Proses ireversibel : Proses ireversibel juga disebut proses alami karena semua proses yang terjadi di alam adalah proses ireversibel.
  8. Proses quasistatic:
    Sebuah proses quasistatic adalah model ideal dari proses termodinamika yang terjadi secara lambat tanpa batas. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada proses nyata yang quasistatic. Dalam praktiknya, proses-proses semacam itu hanya dapat diperkirakan dengan melakukannya secara sangat lambat. Sebuah proses quasistatic sering memastikan bahwa sistem akan melalui urutan keadaan yang sangat dekat dengan kesetimbangan (sehingga sistem tetap dalam kesetimbangan quasistatic), dalam hal ini proses biasanya reversibel.

Sumber: https://learnmech.com/8-basic-thermodynamic-processes-basic-of-thermodynamics/

Leave a comment